Jumat, 12 Agustus 2011

Past Tense #1

Kali ini kita akan membahas soal Past Tense yaaaaa!!

Btw, Past Tense apaan sih litt??


Past tense itu, tense yang digunain untuk menjelaskan sesuatu yang udah lewat.. "Yang udah lewat" itu bukan berarti harus kemaren.. atau taun kemaren.. tapi bisa aja 1 jam yang lalu atau 1 menit yang lalu.. Contoh simpelnya gini :


Supri bermain sepak bola tadi pagi..


Kalimat di atas kan menunjukan kondisi lampau atau sudah terlewati.. So, di sinilah past tense diperlukan!


Oke, seperti halnya Present Tense, Past Tense juga terdiri dari beberapa Tenses.. Ada Simple Past, Past Progressive, Past Perfect, etc..


But now we're gonna discuss about simple past..


Simple Past itu digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang kamu lakuin di masa lampau.. atau sesuatu yang udah kamu lakuin lah intinya.. Contoh simpelnya ya kayak kalimat di atas..


Supri bermain sepak bola tadi pagi..


Kalo dijadiin kalimat dalam bahasa inggris jadi :


Supri played football this morning..


Nah lo?? kok bisa jadi gitu lit??


So, ini rumusnya :


S + V2 + O + .....


Supri (S) + Played (V2) + Football (o) + ...


trus V2 itu maksutnya apa litt??


V2 itu Verb 2 atau Verb past atau kata kerja bentuk lampau.. untuk list lebih lengkap soal bentuk2 kata kerja, bisa dicek di
sini.

Nah, sekarang gimana penggunaannya?


Simple past itu digunakan untuk menjelaskan suatu keadaan yang udah lewat.. Tapi untuk kalimat2 yang simple doank.. bukan untuk kalimat "Pisang itu sudah dimakan oleh Supri kemaren lusa". Untuk kalimat itu, kita bahas belakangan.. Sekarang kita fokus dulu ke penggunaan Simple Past doank..


Simple past layak digunakan untuk menjelaskan keadaan kayak gini :


Misal mama masuk dapur, terus liat piring yang TADINYA ada kuenya, tapi SAAT INI piringnya udah kosong.. So, mama bakal nanya.. Siapa yang makan kue ini?


Nah, di sinilah simple past tense dipake.. So, kita harus jawab,

"Supri ate the cake"..


Karena supri memakan kue itu TADI, so, kita pake Simple past.. Got it? :)


Itu contoh simple past untuk kalimat kerja.. Lalu untuk kalimat yang menjelaskan Sifat atau keadaan? Ayo kita bahas!!


Misal si tadi pagi ketemu Supri dengan mata sembab karena sedih, maka kalimat yang akan digunakan jadi kayak gini :


Supri was sad last morning..


Kok bisa gitu Litt??


Rumus untuk simple past yang menjelaskan keadaan, kayak gini :


S + Was/Were + Adj + (keterangan waktu)


So, kalo subjek yang lagi dibahas adalah (you, we, they) maka BE yang akan dipake adalah "Were".. Dan kalo subyeknya adalah (I, She, He, It) maka BE yang harus dipake adalah "Was"..


Pada kalimat di atas, yang kita bahas adalah Supri (he/orang ketiga), makanya kita pake Was.. Nah, kalo misal subyeknya kita ganti jadi "kamu", maka BE yang akan kita pake adalah "Were"..

Dan kalimatnya akan jadi kayak gini :


You were sad last morning..


Dan jika simple past yang kalimat kerja dan kalimat sifat digabungkan, akan jadi kayak gini :


Supri was sad, when I met him last morning..


is it clear enough??


So, now let's move to the next form of Simple Past tense. Kita udah ngebahas soal bentuk standar dari simple past, sekarang waktunya kita bahas bentuk (-) dan (?)..


Bentuk (-) dari kalimat2 di atas adalah,


Supri wasn't sad


dan


I didn't meet supri last morning


Kok bisa gitu Litt??


Rumusnya begini :


S + was/were + not + adj


dan


S + did + not + V1 + O


Lalu untuk bentuk dari kalimat (?) adalah begini :


Was Supri Sad last morning?


dan


Did I meet Supri?


Rumusnya begini :


Was/were + S + adj + ?


dan


Did + S + V1 + O + ?


Untuk pemilihan apakah menggunakan "Did" atau "was" di awal kalimat pertanyaan, kita perhatikan dulu.. yang kita tanyakan itu soal sifat, atau aktivitas lampau? Kalo kita mau nanyain soal sifat/keadaan, kita gunakan "Was/were".. dan kalo yang mau kita tanyain adalah aktivitas, kita pake "Did"..


Got it? :)


Are you ready for the test??


Please find the mistakes of these sentences, and then modify them to be correct SIMPLE PAST sentences!

1. Supri eats banana.

2. Ningsih has been going to the school.

3. Are you happy on your first day at school?

4. My dad was working as a manager.

5. You look so tidy yesterday.

6. Tono is happy when he sees his mom.

7. You do not come to school yesterday.

8. I am so glad to see you win the race last week.

9. Does he kill the cat?

10. She is not smart when she is young.


Silakan kerjakan dengan semampu kalian.. Boleh ngeliat rumus2 di atas buat contekan.. enak kan?? Dan Coba taruh jawaban kalian di Comment box yah!! Dilarang nyontek jawaban temen di comment box.. Karena bakal sukses atau nggaknya kegiatan belajar kalian, bergantung pada niat kalian sendiri.. Good Luck!


Next Time kita bakal lanjut ke tense lain lagi (dan masih bahas past tense), Selamat belajar!! :D

P. S. : Jangan ragu untuk mengoreksi misal saya sendiri ada kesalahan pada proses penjabaran materi di atas ya.. Thanks in advance! :)

36 komentar:

widya arum sari mengatakan...

1. supri ate banana 1 hour ago.
2.ningsih went to the school
3.were you happy on ur first day at school?
4.my dad worked as a manager.
5.you looked so tidy yesterday
6. tono was happy when he seem his mom
7.you didn't came to school yesterday.
8.i was so glad to see you win the race last week.
9. did he killed the cat?
10.she wasn't smart when young.
AND THE LAST!
11. ALIT GRADUATED FROM HIS UNIVERSITY! AMIIINNN


betul ga kak? hahahahaahahahahahahha :D

Aguztine Chan mengatakan...

1. Supri ate banana.
2. Ningsih went to the school.
3. Were you happy on your first day at school?
4. My dad worked as a manager.
5. You looked so tidy yesterday.
6. Tono was happy when he s awhis mom.
7. You did not come to school yesterday.
8. I was so glad to see you won the race last week.

Tolong koreksinya mas~ :D
9. Did he kill the cat?
10. She was not smart when she was young.

Martha Chan mengatakan...

emm...
gimana kalau 'last morning' di ganti 'this morning' ?
kalau 'last morning' kesan nya 'kemaren pagi'
kalau pake' 'this morning', keterangan V2 udah ngasih signal kalau itu past tense.
*bungung dah gue*
gt dah pokok nya.. 'last morning' kesan nya 'kemaren pagi'
kalau pake' 'this morning', keterangan V2 udah ngasih signal kalau itu past tense.
*bungung dah gue*
gt dah pokok nya..

alitt mengatakan...

@widya :
nomer 6, harusnya bukan pake seem, tapi Saw :D
nomer 7, udah pake didn't verb nya jadi verb 1, jadi "come :D
nomer 8, menangnya kan minggu kmaren, jadi verb2, "won" :D
nomer 9, udah pake "did", verbnya V1 :D
nomer 10, tambahin "was" young.. :D

alitt mengatakan...

@aguztine :
Excellent!!! bener semua :D
@martha :
formalnya sih pake last.. lagian yg kita bahas kan past, nggak ngaruh tadi pagi atau kemaren pagi, tetep pake past tense :)

jazzy crazy mengatakan...

1. Supri ate banana
2. Ningsih went to the school
3. Were you happy on your first day at school?
4. My dad was working as a manager
5. You were looked so tidy yesterday
6. Tono was happy when he saw his mom
7. You didn't come to school yesterday
8. I was glad to see you won the race last week
9. Was he killed the cat?
10. She wasn't smart when she was young

alitt mengatakan...

@jazzy :
Nomer 4, harusnya pake "worked" ajah.. tanpa "was" juga.. karena gue minta kalimat di atas dijadiin SIMPLE PAST, bukan Past Progressive :D
nomer 5, Hilangkan "Were"nya..
nomer 9, bukan pake "was" karena kita tanya soal aktivitas.. membunuh kan aktivitas.. so, kita pake "did".. "Was" dipake utk nanyain kondisi/sifat.. :D

Nice try!

jazzy crazy mengatakan...

eh iya ya..hahaha makasih bang koreksinya..lumayan dapet pencerahan ini :D

Rama Cuber mengatakan...

1. Supri ate the banana.
2. Ningsih was going to goes to the school.
3. Was you happy on your first day at school?
4. My Dad was worked as a manager.
5. You were looked so tidy yesterday.
6. Tono was so happy when saw his mom.
7. You didn't come to school yesterday.
8. I was so glad to saw you win the race last week.
9. Was he kill the cat?
10. She wasn't smart when she is young.

-------------------------------------------

bner gk yaa... :D

alitt mengatakan...

@rama :
nomer 2, itu sih past progressive bro.. gue kan minta jadi SIMPLE PAST, it should be : Ningsih Went to the school.. :D
Nomer 4, "was" nya dihapus aja :D
nomer 5, "Were"nya dihapus aja :D
nomer 6, "tono was so happy when he saw his mom"
nomer 8, abis "to" itu PASTI V1.. so, bukan pake "saw", tapi tetep "See".. yang harus diganti adalah "win", pake "won"
nomer 9, Pake "did" untuk nanya soal aktivitas ya.. was itu dipake utk nanyain kondisi.. :D
nomer 10, "she is young" itu masih pake present tense.. jadiin past tense dengan "she was young" :D

Ayo.. cek lagi rumus2 di atas!! :D

Tio Clara mengatakan...

ka alit, ajarin adjective clause dong.
lebih ngerti kalo diajarin sama ka alit daripada sama guru inggrisku :D
yayayayayaya :D

Rama Cuber mengatakan...

bang alit :: oh iya. bener.. haha..

A-Chan mengatakan...

Wah aku bener smua X3
Im waiting for the next class, mas alitt :DWah aku bener smua X3
Im waiting for the next class, mas alitt :D

Ms. Leyehs mengatakan...

mas alit soal yang nomor 8 tolong dibedah lebih lanjut doongs, aku masih bingung kenapa 'see' nya ga diganti jadi V2 (saw), kan dia termasuk kata kerja juga kan..
:?

Priska mengatakan...

iya sih setuju dgn komen dibawahku. Enakan klo "this morning" Lit. Kan "tadi pagi". Klo "last morning" kesannya dah kemarin pagi Lit. CMIIW. Aq alumni PBI Sadhar juga jadi suka bgt sama grammar :D

Nanda Arintasari mengatakan...

Bismillah...
1. supri ate banana.
2. ningsih went to the school.
3. Were you happy on your first day at school?
4. My dad worked as a manager.
5. You looked so tidy yesterday.
6. Tono was happy when he saw his mom.
7. You did not come to school yesterday.
8. I was so glad to see you won the race last week.
9. Did he kill the cat?
10. She was not smart when she was young.

kak, ini aku jawab sendiri ga pake nyontek dan ga liat jawaban2 komen kk :)
tolong diperiksa ya sir alitt :D *sungkeman*

lailazone mengatakan...

ikut belajar ya bang alit..
1.supri ate banana
2.ningsih went to the school
3.were you happy on your first day on school?
4.my dad worked as a manager
5.you looked so tidy yesterday
6.tono was happy when he saw his mom.
7.you didn't come to school yesterday
8.I were so glad to see you win the race last week.
9. did he kill the cat?
10. She was not smart when she is young.

Asep Alazhari mengatakan...

bang kalo tutornya kaya lu belajar jadi lebih masuk krna bahasanya mudah.. Thks bang

sasa mengatakan...

1. Supri ate banana.
2. Ningsih went to the school.
3. Were you happy on your first day at school?
4. My dad worked as a manager.
5. You looked so tidy yesterday.
6. Tono was happy when he saw his mom.
7. You didn't come to school yesterday.
8. I were so glad to see you win the race last week.
9. Did he kill the cat?
10. She was not smart when she is young.

Chintya Loei mengatakan...

1. Supri ate banana.
2. Ningsih went the school.
3. Was you happy on your first day at school?
4. My dad was working as a manager.
5. You was looked so tidy yesterday.
6. Tono was happy when he saw his mom.
7. You didn't come to school yesterday.
8. I was so glad to saw you won the race last week.
9. Was he kill the cat?
10. She was not smart when she was young.

Di koreksi bisa kali bang xD

Go Honesty mengatakan...

mantep nih, ada english corner nya juga :D

Rynta mengatakan...

1. Supri ate banana.
2. Ningsih went to the school.
3. Were you happy on your first day at school?
4. My dad worked as a manager.
5. You looked so tidy yesterday.
6. Tono was happy when he saw his mom.
7. You did not come to school yesterday.
8. I was so glad to see you won the race last week.
9. Did he kill the cat?
10. She was not smart when she was young.

#baruikutan :D

violinangeline mengatakan...

1. Supri ate banana
2. Ningsih went to the school
3. Did you happy on your first day at school?
4. My dad worked as a manager
5. You looked so tidy yesterday
6. Tono was happy when he saw his mom
7. You didn't come to school yesterday
8. I was so glad to see you won the raca last week
9. Did he kill the cat?
10. She wasn't smart when she was young

Rhisma's mengatakan...

kenapa gak jadi guru aja bang ?? kan pinter english tuh ..

Anna Debora's Area! mengatakan...

Thank you <3.

astikaditya mengatakan...

boi di tunggu past tense #2..
thx a lot :D

Aditya Ilham Prdana mengatakan...

1. Supri ate banana.
2. Ningsih went to the school.
3. did you happy on your first day at school?
4. My dad was worked as a manager.
5. You looked so tidy yesterday.
6. Tono was happy when he sees his mom.
7. You didn't come to school yesterday.
8. I was so glad to see you win the race last week.
9. Did he kill the cat?
10. She wasn't smart when she was young.

bener kagak bang? :))

dream big ! mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
dream big ! mengatakan...

1. Supri ate banana.
2. Ningsih went to the school.
3. Are you happy on your first day at school?
4. My dad was worked as a manager.
5. You looked so tidy yesterday.
6. Tono was happy when he saw his mom.
7. You do not came to school yesterday.
8. I was so glad to saw you won the race last week.
9. Did he kill the cat?
10. She wasn't smart when she was young.

bener ga bang?

Anggara mengatakan...

kalo 'tadi pagi'

bisa pake this morning atau last morning?

purple mengatakan...

1. Supri ate banana
2. Ningsih went to the school
3. Were you happy on your first day at school
4. My dad worked as manager
5. You looked so tidy yesterday
6. Tono was happy when he saw his mom
7. You didn't come to school yesterday
8. I was so glad to see you won the race last week
9. Did he kill the cat?
10. She wasn't smart when she was young

lit, gue masih ragu nih sama jawaban no. 8.. itu see-nya perlu diganti kebentuk past atau nggak ya?

Mey Anindya Saraswati mengatakan...

bang alit..kenapa english areanya ga pernah di update lagi? oh iya buat postingan tentang gerund dong bang :)

Meirani S.W mengatakan...

1. Supri eats banana. (eats ->ate)
2. Ningsih has been going to the school.(going->went)
3. Are you happy on your first day at school? (are-> were)
4. My dad was working as a manager.(working->werked)
5. You look so tidy yesterday.(look->looked)
6. Tono is happy when he sees his mom.(sees->saw)
7. You do not come to school yesterday.(come->came)
8. I am so glad to see you win the race last week.(am->was, see->saw)
9. Does he kill the cat? (does->did)
10. She is not smart when she is young(is not->wasn't)

ai_ice cream lover mengatakan...

bang alit, kalo begini -> Just watching "topeng monyet" show
ini maksudnya baru saja menonton pertunukkan topeng monyet bukan? ini jatohnya past tense bukan? tp ko rumusnya begini?? coba tolong jelasin doong cobaa.. :))

Pandu Raya mengatakan...

pas smp pelajaran bahasa inggris klo ktemu yang model ginian pasti kepala dah pusing duluan hahahahahaha
http://goo.gl/zkFVAR http://goo.gl/zDcCGC http://goo.gl/XUffjK

Unknown mengatakan...

Mas Alitt ga buat english lesson lagi ? ditunggu update annya

Poskan Komentar